Partner : artaartapratiwi.blogspot.com/
Arta Pratiwi (51410134)
Pada posting sebelumnya kita telah mempelajari tentang pemrograman terstruktur dan berbasis objek. Dan pada posting kali ini kita akan mempelajari tentang enkapsulasi dan berikut saya berikan contoh program dari enkapsulasi disertakan dengan komentar fungsi dari masing2 blok.
Enkapsulasi adalah pembungkus, pembungkus disini dimaksudkan untuk menjaga suatu proses program agar tidak dapat diakses secara sembarangan atau di intervensi oleh program lain. Konsep enkapsulasi sangat penting dilakukan untuk menjaga kebutuhan program agar dapat diakses sewaktu-waktu, sekaligus menjaga program tersebut.
Dalam kehidupan sehari hari enkapsulasi dapat dimisalkan sebagai arus listrik pada generator, dan sistem perputaran generator untuk menghasilkan arus listrik. Kerja arus listrik tidak mempengaruhi kerja dari sistem perputaran generator, begitu pula sebaliknya. Karena didalam arus listrik tersebut, kita tidak perlu mengetahui bagaimana kinerja sistem perputaran generator, apakah generator berputar kebelakang atau ke depan atau bahkan serong. Begitu pula dalam sistem perputaran generator, kita tidak perlu tahu bagaimana arus listrik, apakah menyala atau tidak.
Begitulah konsep kerja dari enkapsulasi, dia akan melindungi sebuah program dari akses ataupun intervensi dari program lain yang mempengaruhinya. Hal ini sangat menjaga keutuhan program yang telah dibuat dengan konsep dan rencana yang sudah ditentukan dari awal.
CONTOH PROGRAM
public class Lingkaran { //ini kelas yang diberi nama lingkaran
public double jari; //ini attribut
public double Keliling() //ini Method Keliling
{
double kel=3.14*2*this.jari;
return kel;
}
public double Luas() //ini Method Luasnya
{
double luas=3.14*this.jari*this.jari;
return luas;
}
//ini kelas untuk mencoba kelas Lingkaran
//enkapsulasi dibuktikan di kelas ini
//ini adalah kelas yang memiliki method main
//kelas inilah yang dapat di running
public class NyobaLingkaran {
public static void main(String[] litha)
{
Lingkaran cincin=new Lingkaran(); //untuk membuat object
System.out.println("Mengeset Jari-Jari CINCIN"); //untuk setting attribut object
cincin.jari=15.0;
//untuk menampilkan attribut sang object
System.out.println("jari-jarinya CINCIN="+cincin.jari);
//untuk membuktikan jalannya method Keliling
System.out.println("Memunculkan Keliling CINCIN");
System.out.println("Kelilingnya="+cincin.Keliling());
//untuk membuktikan jalannya method Luas
System.out.println("Memunculkan Luas CINCIN");
System.out.println("Luasnya="+cincin.Luas());
System.out.print("\n");
System.out.println("");
//BATAS OBJECT BARU------------------------------------------------------------------------
Lingkaran roda=new Lingkaran();
System.out.println("Mengeset Jari-Jari RODA");
roda.jari=15000.0;
//untuk menampilkan attribut sang object
System.out.println("jari-jarinya RODA="+roda.jari);
//untuk membuktikan jalannya method Keliling
System.out.println("Memunculkan Keliling RODA");
System.out.println("Kelilingnya="+roda.Keliling());
//untuk membuktikan jalannya method Luas
System.out.println("Memunculkan Luas RODA");
System.out.println("Luasnya="+roda.Luas());
}
}
OUTPUT PROGRAM
OUTPUT PROGRAM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar