Pages

Senin, 12 Maret 2012

SOCIAL NETWORK "TWITTER"




Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan. Di Indonesia memang Twitter kalah populer dibandingkan dengan Facebook yang saat ini sudah mencapai lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bahwa Twitter juga merupakan sebuah jejaring sosial yang cukup ampuh apabila Anda memanfaatkannya untuk mencari, mendapatkan teman serta memasarkan bisnis online Anda. Di Amerika, Twitter sangatlah populer bahkan hampir bisa disamakan kepopulerannya dengan Facebook. Salah satu hal yang menyebabkan mengapa Twitter begitu populer adalah karena kesederhanaannya serta mampu menjawab tantangan sebuah media sosial untuk saling berkomunikasi secara lebih simpel antar pengguna. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts. Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".

Sejarah Twitter
Twitter didirikan oleh 3 orang yaitu Jack Dorsey, Biz Stone, dan Evan Williams pada bulan Maret tahun 2006. Dan baru diluncurkan bulan Juli ditahun yang sama. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007. Twitter adalah jejaring sosial dan micro-blogging dimana kita sebagai pengguna dapat memberikan informasi update (perbaruan) informasi tentang diri kita, bisnis dan lain sebagainya. Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Twitter hanya dibatasi 140 karakter untuk menuliskan artikel. 

Konsep Twitter

Saat ini dunia sangat pesat perkembangan teknologi yang menggunakan sarana internet. Awalnya dikarenakan si pencipta twitter ingin membuat sarana komunikasi sms yang berbasis internet. Ternyata muncullah sebuah ide yang membangun proyek twitter. Awalnya layanan ini diberi nama “twttr”, terinspirasi dari nama situs sharing foto Flickr. Juli 2006 layanan ini mulai diluncurkan untuk public dengan nama “Twitter”. Nama layanan situs tersebut diperkuat dengan logo burung dan arti nama “Twitter” sendiri yang artinya ; kicau burung.  Saat peluncuran pertama kali Twitter sudah memiliki brand, nama serta identitas yang jelas, padahal pendirinya belum tahu akan seperti apa model bisnis layanan ini.

Teknologi yang digunakan 

Teknologi yang digunakan twitter adalah kerangka Ruby on Rails, digunakan pada peningkatan kinerja Ruby Enterprise Edition implementasi Ruby. Pada tanggal 6 april, insinyu Twitter menegaskan bahwa mereka telah beralih jauh dari Ruby on Rails mereka cari-stack, ke server yang mereka sebut blender. Dari musim semi tahun 1007 sampai 2008 pesan ditangani oleh ruby dan server antrian disebut Starling, tetapi sejak tahun 2009 implementasi secara bertahap diganti dengan perangkat lunak yang ditulis di skala. Para layanan antarmuka pemrograman aplikasi seperti dengan scrip code html yang memungkinkan layanan desain web dan aplikasi untuk mengintegrasikan dengan Twitter.


Sumber: 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar